Jumat, Februari 7, 2025
BerandaNewsIndonesia Punya Potensi Peluang Bisnis Produk Halal di Jepang

Indonesia Punya Potensi Peluang Bisnis Produk Halal di Jepang

Tokyo, Panduan.co.id – Pembina Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi) Marissa Haque berharap, nantinya akan lebih banyak produk halal dari Indonesia yang masuk ke pasar Jepang menyusul kenaikan jumlah Muslim di negara itu.

Menurutnya, pertumbuhan Muslim di Jepang naik meskipun belum mencapai satu persen. Hal tersebut memungkinkan potensi produk halal dicari di negara tersebut.

Marissa juga telah mengunjungi berbagai pusat kegiatan Muslim di Jepang, mulai dari Masjid Tokyo Camii di Tokyo, Masjid Tsukuba di Prefektur Ibaraki dan Chiba Islamic Cultural Center (CICC) di Prefektur Chiba untuk mengetahui peluang bisnis produk halal.

“Indonesia juga punya MUI (Majelis Ulama Indonesia). Kita punya kesamaan standar itu, kenapa harus impor dari negara lain,” ungkapnya. .

Meskipun demikian Marissa juga mengakui bahwa standar dan peraturan tentang pengolahan di Jepang yang amat ketat masih sulit untuk ditembus oleh produsen-produsen dari Indonesia, terutama untuk buah, sayur dan daging.

“Memang kita kalau mau masuk, mesti mengisi kesenjangan yang ada ini, standarnya harus diikuti,” katanya.

Dalam hal ini Marissa pun yakin masih banyak peluang yang bisa diambil oleh pengusaha UMKM Indonesia, terutama untuk pasar masyarakat Asia Tenggara di Jepang karena masih memiliki kesamaan preferensi rasa dan selera.

Hingga kini Marissa menyebut Ipemi Sumatra Barat sudah mulai memasok jengkol dan pete untuk warga Myanmar dan Kamboja di Jepang.

Sementara itu penasihat Ipemi Jepang Nuning Akhmadi juga berharap Ipemi Jepang dapat merangkul lebih banyak pelaku usaha, terutama kecil dan menengah untuk dapat berkembang. (ant)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments